Film Terbaik Dunia 2018

20 Film Terbaik 2018Sebagai perayaan atas pengalaman sinema yang menyenangkan tahun ini, juga karya sinema itu sendiri, seperti biasa saya menuliskan catatan tentang film-film terbaik dunia selama setahun. Untuk membuat catatan tahunan ini menjadi lebih rapi, saya meneruskan kriteria penentuan yang sudah saya mulai tahun ini. Film-film yang akan masuk ke dalam daftar kali ini adalah yang rilis di bioskop kita atau tidak rilis di bioskop kita, tetapi telah dirilis dalam format DVD, blu-ray, atau digital HD secara resmi sepanjang tahun 2018. Maka, ini dia 20 film terbaik 2018 ala Kinerasya.

  1. The Post

    The PostTernyata saya sangat menyukai tema investigasi jurnalisme seperti ini. Seperti saat menonton Spotlight, saya terhanyut dalam penyelidikan dan perdebatan besar di antara nama-nama penting yang menghidupi The Washington Post, tepat ketika koran tersebut sedang berada dalam ambang kematiannya. Kombinasi Spielberg, Tom Hanks, dan Meryl Streep memang sedemikian dahsyatnya.

  2. First Man

    First Man

    Sebuah biopik personal tentang pergumulan batin seorang Neil Armstrong dalam konteks perjalanannya menuju bulan. Sebuah pertemuan dengan Armstrong yang dirapuhkan oleh segala kehilangan yang dilaluinya. Digenapi oleh sinematografi dan musik yang tak tergantikan melalui lensa Linus Sandgren dan nada-nada Justin Hurtwitz yang khidmat, sendu, sekaligus indah.

  3. The Shape of Water

    The Shape of WaterSurat cinta Guillermo del Toro yang ditulis dari hati dan dituturkan dengan puisi untuk karya-karya dengan karakter “monster”nya. Salah satu kisah cinta yang tersampaikan dengan baik, sekalipun tanpa kehadiran kata-kata. Bersyukur sekali bisa mengalaminya di ruang bioskop tahun lalu.

  4. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

    Three Billboards Outside Ebbing, MissouriMembicarakan isu yang sama dengan Wind River, tanpa memperlihatkan sedikit pun kejadian yang dibincangkan. Melalui karakter Mildred yang diperankan dengan sangat kuat oleh Frances McDormand kita melihat sebuah perlawanan, amukan, dan perelaan yang terkadang begitu berat bagi seorang manusia. Sebuah karya yang menitipkan kepada hati dan pikiran kita banyak hal. Sebuah pesan dan penyataan tegas dari seorang Martin McDonagh.

  5. Ready Player One

    Ready Player OnePengalaman sinematik yang sungguh gila. Referensi budaya pop meluber ke mana-mana. Semakin banyak kita tahu, semakin asik juga pengalaman yang akan kita rasakan. Spielberg memang juara soal begini. Apalagi, ada obrolan relevan tentang manusia yang dibicarakan dengan hati yang hangat sepanjang keseruannya.

  6. Roma

    RomaSeperti “Monokrom” yang ditulis oleh Tulus, sebuah monokrom bernama Roma dari Alfonso Cuaron berbicara jauh melebihi warna yang dimilikinya. Roma membicarakan perempuan dan kekuatan yang menjadikannya perempuan dalam segala sebuah padu gerak, tampak, dan kata yang terbatas. Dalam Roma, lelaki hanyalah mitos dan omong kosong, yang meski kadang ditangisi, tidak akan sekali pun membuatnya mati.

  7. Darkest Hour

    Darkest HourDrama politik yang punya banyak momen visual mengagumkan. Dihidupkan dengan tuturan yang rapat-tajam dan penerangan Gary Oldman yang sangat meyakinkan. Membuat mata, hati, dan pikiran menyala-nyala.

  8. Padman

    PadmanSelalu senang rasanya bisa menonton film tentang orang baik yang dikerjakan dengan baik seperti Padman ini. Berkali-kali tersenyum dan merasakan emosi yang campur aduk. Kebaikan memang selalu menyisakan kebahagiaan, meski di antaranya bisa terselip pahit berlapis-lapis.

  9. One Cut of the Dead

    One Cut of the DeadFilm yang babak awalnya memancing kerut dan pertanyaan: “ini film apaan sih?”, babak tengahnya perlahan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada, dan babak akhirnya membuat tergelak dan terkagum berkali-kali. Momen penutupnya sendiri menimbulkan keinginan untuk menyalami karakter sutradara dan kru film di dalamnya satu per satu seraya berkata, “selamat ya, kerja kalian keras dan bagus sekali”. Karya dengan banyak hal yang dapat diperbincangkan usai menonton.

  10. Searching

    SearchingThriller investigasi yang berhasil memanfaatkan dengan baik segala hal yang bisa ditampilkan dalam layar komputer-smartphone untuk tujuan berceritanya. Juga membicarakan banyak hal relevan dalam hal keluarga dan hidup digital. Dimulai dengan sebuah pondasi emosi yang kuat sehingga membuatnya dapat diakhirnya dengan sebuah call-back yang juga kuat.

  11. BlackKklansman

    BlackKklansmanKisah intelijen yang dituturkan dengan nyentrik oleh Spike Lee dalam pertarungan Ku Klux Klan dan orang kulit hitam Amerika. Membicarakan kebencian yang selalu menghasilkan kehilangan sia-sia, menyayangkan sekaligus menertawakannya sekali-kali. Semakin intens seiring operasi yang menyusup semakin dalam.

  12. A Quiet Place

    A Quiet PlaceMenontonnya membuat saya menahan napas karena ketegangannya dan menahan diri untuk menyantap kentang goreng karena satu gigitan saja akan membuat orang-orang sederet menoleh tajam. Ngeri, tapi juga berhati seluas langit.

  13. Gold

    GoldIndia rasanya memanglah yang terbaik dalam mengeksekusi cerita berlatar olahraga dalam karya sinema. Seperti Dangal, Gold juga berhasil menceritakan perjuangan India dalam kejuaraan hoki pascaperang dunia kedua, sekaligus perjuangan politik bangsa dan “pembalasan” India kepada Inggris di mata dunia. Intens, emosional, dan efektif dalam bertutur.

  14. Keluarga Cemara

    Film Keluarga CemaraDrama keluarga dengan kemampuan menguras tangis yang mematikan. Jarang ada dalam sinema kita. Suka sekali dengan kekuatan interaksi Abah, Emak, Euis, dan Ara yang terasa tulus dan sangat nyata. Tempat belajar yang baik dan hangat untuk keluarga.

  15. Christopher Robin

    Christopher RobinKekuatan terbesar dari karya Marc Forster ini adalah kepolosan dan keajaiban teman-teman masa kecil Christopher Robin, terutama Pooh si “silly old bear”. Kekuatan yang digunakan dengan baik oleh Forster untuk memberikan kehangatan dan daya dobrak emosi yang mematikan. Paddington dalam nada yang berbeda. Tipe film yang banyak kita butuhkan.

  16. Spider-Man: Into the Spider-Verse

    Spider-Man Into the Spider-VerseSebuah pencapaian visual luar biasa dalam film animasi yang sepertinya menggabungkan banyak sekali teknik rumit. Akan sempurna jika tata kelola emosi di babak pertama dan keduanya sekuat babak ketiga. Karya tentang Spider-Man dengan karakter terkuat yang pernah ada.

  17. Isle of Dogs

    Isle of DogsKarya animasi dengan visual yang sangat berkarakter dan tema yang juga unik. Meski diekspresikan dalam ekspresi yang sedikit canggung, dinamika emosi antara manusia dan anjing-anjing yang ada di dalamnya tidak pernah sekali pun kehilangan momennya. Eksentrik, menyentuh, dan mengesankan.

  18. Bird Box

    Bird BoxThriller-drama dengan tema, daya pacu jantung, dan kemampuan menyita kepedulian yang serupa dengan A Quiet Place. Ditampilkan melalui pemeranan luar biasa seorang Sandra Bullock. Menarik, menegangkan, dan membuat stres sepanjang “pelarian”.

  19. The Spy Gone North

    The Spy Gone NorthKisah intelijen Korea Selatan yang melakukan infiltrasi ke Korea Utara dan berhasil disampaikan dalam tensi yang terjaga dengan baik hingga penutup. Dihidupi dengan sentuhan emosi yang kuat dan penampilan brilian dari nama-nama yang ada di dalamnya.

  20. I, Tonya

    I, TonyaBiopik karir dan kehidupan peseluncur indah Amerika kontroversial yang dituturkan bersama reka wawancara dengan nama-nama dalam kisahnya. Pengalaman menontonnya terasa unik karena dipenuhi tawa yang getir.

Baca juga: Film Terbaik Dunia 2016 & Film Terbaik Indonesia 2017

Tinggalkan Balasan