FILM DUNIA TERBAIK 2016

Film TerbaikSaya menekuninya berkali-kali. Layar laptop masih menampilkan daftar karya sinema dunia yang masih sama sejak berhari-hari lalu. Sulit rasanya memilahnya dengan baik menjadi daftar pendek berisi dua puluh film terbaik tahun lalu. 2016 benar-benar tahun yang luar biasa bagi sinema dunia. Sepanjang tahun itu, ada karya-karya Asia yang menggeliat tumbuh. India dan Korea adalah dua yang paling memukau pencapaiannya. Pun demikian rasanya dengan Indonesia.

Saya masih menekuninya lagi sebelum akhirnya menyadari bahwa catatan ini harus segera diusaikan karena tahun selanjutnya telah berjalan dengan tak kalah mengesankan. Maka, inilah dia dua puluh karya sinema dunia terbaik tahun lalu ala Kinerasya. Catatan ini dipenuhi dengan film-film yang dirilis tahun ini di Indonesia dan yang sepertinya tidak akan dirilis, tetapi telah saya tonton melalui media lainnya.

  1. La La Land

La La LandCinta dan passion memanglah perpaduan yang akan membuat siapa saja yang menontonnya jatuh cinta. Epilognya adalah mahakarya. Maka, setelah menontonnya, musik dan tariannya akan terus menerus terputar dalam pikiran untuk waktu yang panjang. Chazelle adalah maestro!

 

  1. Room

RoomMenontonnya akan menghangatkan hati begitu lama. Drama tentang memulihkan trauma dan keluarga yang diperankan begitu baik oleh Brie Larson dan Jacob Tremblay.

 

  1. Spotlight

SpotlightIni adalah jurnalisme invesitagasi yang akan membawa kita menemui fakta-fakta menyesakkan. Salah satu skandal terbesar yang pernah ada. Dan emosi kita akan berkembang seiring perjalanannya, mendaki dari bawah dan memuncak pada akhirnya.

 

  1. Hacksaw Ridge

Hacksaw RidgeHacksaw Ridge merupakan film perang yang tidak biasa. Peran utamanya bukanlah tentara yang mengangkat senjata, tetapi tentara medis yang berjuang dari dalam keyakinannya yang teguh. Salah satu momen perang terbaik ada di dalamnya.

 

  1. Dangal

DangalSudah lama rasanya saya tidak seemosional itu saat menonton sebuah film. Dangal merupakan kisah pewujuduan mimpi dan rasa cinta yang teramat besar bagi negara. Cerita tentang keluarga pegulat India yang sangat menggetarkan.

 

  1. Arrival

Sebuah sci-fi tentang kedatangan alien dari sudut pandang yang berbeda. Membicarakan bahasa dan manusia dengan begitu baiknya. Menyenangkan rasanya menemui linguis sebagai peran utama dalam sebuah sci-fi. Denis Villeneuve dan Jóhann Jóhannsson adalah kombinasi luar biasa.

 

  1. The Boy and The Beast

Sebuah pembuktian yang menjadikan Mamoru Hosoda sebagai salah satu pekarya animasi Jepang terbaik saat ini. Kisah seorang anak manusia dan monster yang menyentuh hati. Membicarakan keluarga dan hakikat kata percaya.

 

  1. Captain Fantastic

Captain FantasticMenontonnya akan menghadiahkan pandangan lain tentang dunia dan pendidikan dalam keluarga. Viggo Mortensen memainkan peran seorang laki-laki dan ayah yang teramat idealis dan fantastis. Karya yang tepat untuk setiap jiwa dengan pikiran yang terbuka.

 

  1. The Big Short

The Big ShortIni adalah kisah kejatuhan ekonomi Amerika pada rentang tengah—akhir dekade 2000 yang dituturkan dengan asik oleh Adam McKay. Memperbincangkan kemanusiaan dan sistem ekonomi secara menyenangkan adalah pekerjaan yang tidak mudah. Dan, ada emosi yang dihadirkan dengan baik di dalamnya.

 

  1. Your Name

Kimi no Na waAnimasi memang karya sinema terbaik Jepang saat ini. Your Name (Kimi no Na wa), setidaknya membuktikan itu. Bukan hanya baik dalam kualitas, tetapi juga diakui dengan pencapaian sebagai film Jepang terlaris sepanjang masa. Salah satu karya terbaik Makoto Shinkai yang memadukan cinta dan sci-fi dengan manisnya.

 

  1. The Fundamental of Caring

The Fundamentals of CaringThe Fundamental of Caring berisi perbincangan yang tidak cengeng tentang keterbatasan yang dimiliki seorang manusia. Dan yang menjadikannya lebih berkesan adalah hal-hal biasa yang terkadang justru sangat berarti bagi beberapa orang. Obrolan-obrolan yang menggelitik dan menghangatkan.

 

  1. Eye in The Sky

Eye in the SkyTahun lalu adalah pencapaian yang luar biasa bagi karya sinema berlatar peperangan. Eye in The Sky adalah satu di antaranya yang secara menakjubkan mampu menghadirkan kengerian dengan ketegangan dalam hening. Karya yang tepat untuk menyoal kemanusiaan dalam perang.

 

  1. Loving

LovingLoving adalah surat cinta untuk hak manusia dan cinta itu sendiri. Pernyataan yang tegas sekaligus sangat humanis yang disampaikan melalui kisah pasangan kulit hitam  dan kulit putih yang menikah di Amerika pada masa hal itu “adalah” tabu. Pernyataan yang disampaikan sangat lembut oleh Jeff Nichols.

 

  1. A Man Called Ove

A Man Called OveOve adalah pewujudan cinta yang teramat kuat dan tulus, tetapi terkadang menempatkan yang ditinggalkan pada ruang yang sedikit gelap. Meneranginya adalah tugas yang membutuhkan bantuan orang-orang yang juga tahu akan cinta.

 

  1. The Wailing

The WailingSepanjang perjalanan menontonnya adalah pengalaman yang tidak nyaman. Dan sebagai sebuah thriller, itu tentu keberhasilan. Kemudian, perpaduan yang tepat dari misteri dengan budaya Korea di dalamnya menjadikan The Wailing sebuah teror yang berkesan.

 

  1. Don’t Breathe

Don't BreatheDon’t Breathe benar-benar membuat setiap kita yang menontonnya sulit bernapas. Kehadiran The Blind Man akan menciptkan ketegangan yang sangat intens sehingga camilan apa pun yang kita siapkan sebagai teman tidak akan habis pada akhirnya.

 

  1. Train to Busan

Train to BusanIni adalah tahun yang baik bagi sinema Korea. Bahkan, percobaan pertama untuk menampilkan zombie pada karya sinema mereka berakhir dengan pencapaian yang mengagumkan. Teror zombie yang dibangun dengan ketegangan dan dilengkapi dinamika emosi.

 

  1. Moana

MoanaDisney selalu tahu cara terbaik untuk bercerita. Dan kemauan untuk mengangkat gambaran tentang perempuan yang mandiri dalam Moana menjadikannya semakin baik. Dan, ada lagu-lagu yang akan membuat kita bernyanyi menemani perjuangan Moana menyelamatkan dunia.

 

  1. A Monster Calls

A Monster CallsA Monster Calls adalah dongeng menguras emosi tentang keberanian menghadapi kehilangan dan merelakan. Dongeng yang baik untuk ditonton siapa saja yang belajar dewasa.

 

  1. Under The Shadow

Under The ShadowKengerian memang tak harus selalu dihadirkan melalui penampakan hantu yang seram. Under The Shadow telah membuktikannya dengan sempurna. Bahkan, sembari membicarakan perempuan dalam masyarakat Iran dan gejolak politik dengan efektif.

Tinggalkan Balasan