REVIEW: PONYO

review-ponyo-studio-ghibli-kinerasya

Artistik. Sangat, sangat menyenangkan. Sebuah film karya Hayao Miyazaki, seorang sutradara film animasi dari Jepang, sekaligus pendiri studio film Ghibli. Hayao adalah sutradara yang pernah meraih penghargaan film animasi terbaik dalam Academy Awards 2002, lewat film Spirited Away.

Ponyo, adalah film animasi karya Hayao Miyazaki yang dirilis pada tahun 2008. Dalam film ini, Hayao masih setia mengusung tema tentang hubungan manusia dan alam, serta sulitnya menjaga perdamaian. Hayao juga masih setia menampilkan tokoh protagonis seorang perempuan muda/kecil yang kuat dan tokoh antagonis yang mempunyai sisi moral yang ambigu, bahkan juga menampilkan sisi humanisnya.

Film ini bercerita tentang seekor ikan mas dan seorang anak laki-laki bernama Sosuke, yang kemudian memberinya nama Ponyo. Petualangan mereka yang menyenangkan membuat mereka saling menyayangi. Namun, Ponyo tiba-tiba diculik oleh seorang lelaki yang mempunyai kekuatan sihir. Ponyo yang ternyata juga memiliki kekuatan sihir dan ingin bertemu kembali dengan Sosuke mencoba melarikan diri. Akhirnya, Ponyo berhasil melarikan diri dan malah mendapatkan kekuatan dari sebuah ramuan yang kemudian mengubahnya menjadi manusia. Selanjutnya, kita akan disuguhi petualangan Ponyo untuk bertemu kembali dengan Sosuke dan petualangan mereka berdua setelahnya. Melalui petualangan Ponyo dan Sosuke, kita akan diajarkan tentang ketulusan dalam mencintai apapun di dunia ini, bahwa kita adalah keluarga yang saling memiliki.

Sepanjang film, kita akan menyaksikan rangkaian visualisasi yang sangat menyenangkan.Film dibuka dengan gambaran dunia yang sangat ‘kartun’. Dunia ini menjadi sangat menyenangkan karena digambarkan dengan teknik yang sangat 2 dimensi dan imajinatif. Ada kapal yang berlayar di lautan yang berada di atas sebuah rumah. Ikan paus yang tampak sangat absurd karena terlihat tenang-tenang saja meskipun berenang di dalam lautan yang mengalir kemana-mana, ke langit, bergelombang dengan ekstrim, dan lain-lain. Semua gambaran itu terlihat sangat menyenangkan, di mata saya setidaknya. Memasuki cerita tentang Ponyo, kita akan disuguhi gambaran yang (sekali lagi saya tekankan) sangat menyenangkan. Ada ikan mas yang suka makan daging, menyemprotkan air dari mulutnya, bisa tidur, bisa berbicara, ombak yang punya mata, anak perempuan yang pecicilan, dan lain-lain. Sangat ekspresif. Ya, overall, saya tidak akan bosan mengatakan bahwa film ini sangat menyenangkan. 5 dari 5 bintang dari saya.

Tinggalkan Balasan