Film Terbaik 2020 Kinerasya

film terbaik 2020

Perjalanan menonton sepanjang tahun lalu merupakan sesuatu yang berbeda sama sekali. Karena ruang-ruang pemutaran konvesional diharuskan menutup operasionalnya sementara waktu dan sebagian besar hari kita lalui dengan berdiam diri di rumah, saya jadi lebih banyak menonton dari layar laptop dan ponsel saja. Pun, karena memang sebagian besar film juga dirilis secara khusus di berbagai streaming platform. Festival-festival film di seluruh dunia juga hadir secara daring sehingga dapat dialami oleh lebih banyak penikmat film.

Untuk merayakan perjalanan spesial tersebut, saya tetap menulis catatan untuk film-film terbaik selama satu tahun terakhir, meski kali ini tidak ada catatan khusus untuk film Indonesia (karena rilisan yang cukup menurun jauh dari segi kuantitasnya). Dan karena beberapa perubahan yang sudah saya tulis di atas, film-film yang masuk ke dalam daftar adalah yang dirilis di bioskop kita atau dirilis secara daring dalam streaming platform/festival film sepanjang tahun 2020 dan berhasil saya akses sebelum 1 Januari 2021. Oleh sebab itu, film-film seperti Nomadland, Promising Young Woman, AmmoniteThe Father, dan One Night in Miami, tidak ada dalam catatan ini. Akhirnya, ini dia 20 film terbaik 2020 dunia ala Kinerasya.

20 Film Terbaik 2020

  1. A Beautiful Day in the Neighborhood

    A Beautiful Day in the NeighborhoodDialog sederhana dalam sebuah acara TV anak klasik yang dapat menggali begitu banyak hal dalam diri seorang manusia. Tentang menerima diri sendiri, mengingat masa kecil, mengenali dan mengelola perasaan, menjadi anak dan orangtua, serta memanusiakan manusia. Memperkenalkan saya pada kedalaman karakter-karakternya tanpa banyak menjelaskannya. Sebuah perjalanan teramat kaya. Saat ini dapat ditonton di NETFLIX.

  2. Jojo Rabbit

    Jojo RabbitTaika Waititi mengajak kita untuk melihat perang dari sudut pandang seorang bocah laki-laki Jerman yang memiliki teman khayalan bersosok Hitler. Menemaninya mengalami kebencian yang polos dan cinta yang lugu. Lucu, menggemaskan, hangat, sekaligus juga terasa getir. Mengajarkan kita kemanusiaan dari hati, lalu mengatakan dengan lantang bahwa perang hanya menyisakan kekalahan dan kehilangan. Saat ini dapat ditonton di Disney+ Hotstar.

  3. 1917

    1917Menonton 1917 di layar besar merupakah pengalaman sinematis yang sangat magis. Kombinasi super long shot memikat hati, directing presisi, dan tata produksi tiada duanya adalah kerja sinema yang mengagumkan. Sam Mendes berhasil menyeret saya masuk dalam usaha karakter utamanya menyampaikan pesan hidup dan mati ke garis depan tentara Inggris dalam Perang Dunia I. Perjalanan yang ditutup dengan salah satu battle scene terintens dan paling indah yang pernah saya alami. Saat ini dapat ditonton di HBO GO dan MOLA TV.

  4. Minari

    MinariMeski membicarakan mimpi (dalam hal ini: American Dream) dan kenyataan pahit yang terkadang meyertainya, Minari tidak pernah berakhir sebagai poverty dan disease porn. Bahkan, perjalanannya lebih terasa hangat melalui dialog-dialog jenaka, cerita solid yang dituturkan secara layak, interaksi kuat dalam pemeranan ensemble cast-nya, serta suasana manis yang diciptakan visual dan musik latarnya. Parasite kita tahun ini.

  5. Soul

    SoulInside Out dalam kualitas ide dan Onwards dalam alur berceritanya. Kontemplasi makna hidup yang perlu ditonton oleh sebanyak mungkin kita yang sudah dewasa. Perlu waktu untuk bisa menikmatinya dengan nyaman, tapi pay-off yang menunggu setelahnya sungguh layak untuk dinanti. Perpaduan nyaris sempurna dari visual cantik, cerita kompleks yang dalam, sentuhan hati lembut, dan musik jazz yang indah. Saat ini dapat ditonton di Disney+ Hotstar.

  6. The Trial of the Chicago 7

    The Trial of Chicago 7Courtroom drama-thriller tentang kasus kerusuhan demonstrasi perang Vietnam pada Konvensi Nasional Demokrat di Chicago, 1968. Persidangan yang dengan baik ditulis dan dituturkan Aaron Sorkin sebagai pertarungan hukum-politik yang menarik, tapi mudah dipahami dan menggugah hati. Diselenggarakan dengan rangkaian pemeranan yang brilian, diisi dialog cerdas-efektif, dan ditutup dengan pidato yang menyentuh perasaan begitu dalam. Saat ini dapat ditonton di NETFLIX.

  7. Mank

    MankDavid Fincher menghidupkan cerita kelahiran Citizen Kane dengan gaya bercerita yang juga mengingatkan saya pada salah satu pencapaian film klasik tersebut. Karya sinema dengan cerita, visual, pemeranan, dan tata produksi yang mengagumkan, meski pengalamannya tidak akan terasa mudah untuk semua yang menontonnya. Sebuah kapsul ruang-waktu berharga menuju Hollywood era 30-40an dengan segala hiruk pikuk sosial-politiknya. Saat ini dapat ditonton di NETFLIX.

  8. Moving On

    Moving OnPertemuan dan perpisahan keluarga dengan ayah, anak, kakek, dan bibi yang tinggal dalam sebuah rumah bersama. Rangkaian obrolan di ruang keluarga, dapur, kamar, dan teras yang terasa dekat, lucu, manis, dan nyaman. Juga pertengkaran kakak-beradik sehari-hari. Terasa ringan, tanpa harus kehilangan kemampuan untuk menyampaikan hal-hal kecil nan besar. Perpaduan pengarahan, cerita, dan gambar yang terasa pas.

  9. Tenet

    TenetEksperimen tingkat lanjut dari seorang Christopher Nolan yang kali ini bermain-main dengan konsep time inversion dan teori reverse entropy yang diperkuat dengan battle scene yang seluruhnya luar biasa dan iringan musik Ludwig Göransson yang intens. 150 menit gerak maju dan mundur dalam waktu yang menuntut perhatian penuh dan berisiko membuat otak bekerja ekstra, tetapi seperti karya Nolan lainnya, merupakan pengalaman yang sama sekali baru, mindblowing, dan sangat menyenangkan. Saat ini dapat disewa dan dibeli di YouTube/Prime Video US.

  10. The Assistant

    The AssistantSederhana saja, sejak detik pertama, kamera mengajak saya mengikuti satu hari kerja Jane sebagai seorang asisten di sebuah studio film. Melihatnya menelpon untuk mengatur jadwal sang bos, menerima tamu, mencetak dokumen, dan melakukan kerja-kerja lainnya. Namun, dari segala hal subtil yang ada, saya merasakan tekanan yang dialami Jane dari sekelilingnya. Menyoal perilaku seksis yang ada di industri film Hollywood, tanpa perlu banyak berkata. Saat ini dapat ditonton di hulu US.

  11. House of Hummingbird

    House of HummingbirdCatatan kehidupan remaja yang ditulis dan dituturkan dalam kisah yang lembut, manis, sekaligus penuh gejolak. Kim Bora dengan efektif berhasil membuat saya ikut merasakan semua patah hati yang dialami karakter utamanya. Semua karakter pria di dalamnya adalah parasit tidak berguna dan seluruh perjalanan Eunhee sebagai inti cerita adalah ruang kelas bagi seluruh remaja perempuan untuk berani dan tidak pasrah. Saat ini dapat disewa dan dibeli di YouTube US.

  12. Portrait of a Lady on Fire

    Portrait of a Lady on FireSeperti karya yang dibicarakan di dalamnya, Portrait of a Lady on Fire adalah lukisan perempuan muda yang sangat indah dan artistik dalam setiap sisi. Saat mengamatinya, kita akan menemukan kecantikan paras, keunikan dan kedalaman karakter, emosi yang tenang sekaligus bergemuruhan, serta daya pikat yang sangat kuat. Sebuah karya sinema dengan sudut pandang perempuan yang romantis dan emosional. Saat ini dapat ditonton di hulu US

  13. Lucky Chan-sil

    Lucky Chan-SilKim Cho-Hee membicarakan pertanyaan-pertanyaan tentang hidup yang terkadang datang di usia yang tidak terlalu muda, seperti karir, cinta, pertemanan, dan panggilan jiwa. Kebingungan yang disampaikan secara memikat dalam pendekatan unik melalui interaksi karakter utama dan hal-hal di sekitarnya yang ditampilkan dalam gambar-gambar cantik simetri. Kisah yang getir, tapi juga lucu, manis, dan menghangatkan.

  14. Da 5 Bloods

    Da 5 BloodsMembicarakan trauma pascaperang, black lives matter, dan sentimen antarbangsa dalam sebuah campur aduk dialog, konflik, dan kewaspadaan yang super intens. Tidak ada yang mengecewakan dari 154 menit satirenya, selain versi muda Da 5 Bloods yang secara aneh tidak ditampilkan dengan wajah yang seumurnya. Saat ini dapat ditonton di NETFLIX.

  15. First Cow

    First CowCerita dua sahabat yang berusaha mewujudkan mimpinya membuka sebuah hotel dengan menjual cookies menggunakan susu yang diperah tanpa izin dari sapi pertama di Oregon Territory. Kisah American Dream yang mengalun pelan dan lembut dalam frame 1.37 : 1 yang indah. Sebuah karya artistik yang meski tidak mudah dinikmati, merupakan pengalaman puitis bagi mereka yang sabar mengikutinya. Saat ini dapat ditonton di Showtime on hulu US.

  16. Sun Children

    Sun ChildrenMajid Majidi memotret realitas hidup anak-anak jalanan Iran dalam nada monokrom yang nyata dan minim rias. Membicarakan child labor, sistem pendidikan, kemiskinan, hingga konflik sosial pengungsi Afghanistan di Iran. Semua hal rumit yang dituturkan dalam sudut pandang sekelompok anak 12 tahun dengan mimpi setinggi tanah. Drama sederhana dengan beberapa keributan khas anak-anak dan patah hati luar biasa.

  17. Onward

    OnwardKisah perjalanan kakak-beradik untuk “menghidupkan” kembali sang ayah yang meski mengalami beberapa hambatan bertutur pada awalnya, berhasil menemukan daya sihir emosionalnya yang mematikan pada akhir perjalanannya. Dan sekali mantra-mantranya diucapkan, seluruh daya tahan tangisan saya runtuh tanpa tersisa. Karya penting Pixar tentang orang-orang yang berarti di dalam hidup yang seringkali gagal kita sadari. Saat ini dapat ditonton di Disney+ Hotstar.

  18. The Devil All the Time

    The Devil All the Time138 menit perjalanan yang membuat saya menghela napas berkali-kali. Diisi dengan perbincangan tentang sisi gelap manusia yang berpusaran di sekitar kepercayaan dan kebencian. Setiap karakternya hidup dengan garis yang saling silang dalam berbagai tragedi yang mungkin terjadi. Mengikutinya jelas tak mudah karena pilihan bercerita yang tidak biasa. Penuh sesak, intens, eksplisit, dan layak diperbincangkan. Saat ini dapat ditonton di NETFLIX.

  19. Sound of Metal

    Sound of MetalRiz Ahmed membuktikan sekali lagi kemampuannya menghidupi karakter yang memiliki kedalaman emosi. Kali ini, seorang drummer metal yang tiba-tiba kehilangan pendengarannya. Pembuktian yang dilengkapi dengan suara yang memudar, mendengung, dan terdistorsi hampir sepanjang kisah untuk membuat kita menjadi “tuli”. Serta, merasakan gejolak batin yang sangat kuat dan, pada akhirnya, penerimaan pahit yang juga manis. Saat ini dapat ditonton di Prime Video.

  20. Little Women

    Little WomenKisah empat perempuan bersaudara yang mulai menjalani pilihan hidupnya masing-masing. Cerita cinta-keluarga yang disampaikan dengan keintiman interaksi antarkarakter yang terasa akrab, juga berkelas, dalam sebuah rumah keluarga yang kehadirannya penting bagi orang-orang di sekitarnya. Sebuah adaptasi klasik yang mudah untuk dicinta. Saat ini dapat ditonton di NETFLIX.

Special mention: Corpus Christi, Palm Springs, Quo Vadis, Aida?, On the Rocks, The Science of Fictions, Another Round, dan Never Rarely Sometimes Always.

Baca juga: Film Terbaik Dunia 2019

Tinggalkan Balasan