Film Indonesia Terbaik 2000-2019 (Netflix, GO-PLAY, Vidio, & Lain-Lain)

Film Indonesia Terbaik 2000-2019Tahun ini, meski harus mengingat Hari Film Nasional dalam perayaan yang cukup senyap, senyatanya kita perlu bersyukur. Sebab, ada perjalanan yang cukup membanggakan dari tahun-tahun ke belakang. Perjalanan yang diisi dengan karya sinema dalam berbagai macam warna dan perbincangan. Dan semakin hari, kita semakin punya ruang apresiasi yang lapang di rumah sendiri. Ruang yang salah satunya diisi oleh kedatangan lebih dari satu juta penonton untuk sebuah film nasional. Perjalanan yang saya yakin akan bisa kita lanjutkan dengan baik, meski mungkin akan menemui sedikit kesulitan pada awalnya, setelah kesenyapan ini memudar perlahan-lahan beberapa masa ke depan. Dan sebagai wujud rasa syukur itu, juga usaha merayakan Hari Film Nasional kita tahun ini, saya mencoba menulis sebuah catatan berisi 25 film Indonesia terbaik dalam dua dekade ini, sejak tahun 2000 hingga 2019 lalu. Sebuah catatan yang juga disusun untuk dapat menemani dan membantu teman-teman yang membaca untuk mengapresiasi film-film nasional dari tempatnya masing-masing, sesuai dengan keterbatasan yang kita miliki hari ini. Oleh sebab itu, film-film yang ada di dalamnya adalah yang dapat diakses melalui NETFLIX, GO-PLAY, Vidio, HOOQ, iflix, KLIKFILM, CATCHPLAY, VIU, MOX, genflix, dan RCTI+.

  1. Mencari Hilal

    Mencari HilalSejak Mengejar Matahari membuat saya jatuh cinta pada film dengan hangatnya persahabatan empat manusia dan indahnya senyum Agni Pratisha Arkadewi yang masih lucu-lucunya, selama bertahun-tahun kisah dari Rudi Soedjarwo ini bertahan sebagai film terbaik dalam daftar saya. Kemudian, hari itu pun tiba, saat perjalanan bapak-anak Mencari Hilal ini membuat saya jatuh cinta lebih dalam lagi. Sebuah cerita yang dituturkan begitu jujur oleh Ismail Basbeth. Begitu banyak pesan yang disampaikan tanpa membuat para penerimanya merasa diceramahi. Kesederhanaan sinema yang terasa begitu berharga. Bisa ditonton di VIU dan GO-PLAY.

  2. Mengejar Matahari

    Mengejar MatahariJatuh cinta pertama saya pada sinema. Mengejar Matahari adalah pengalaman yang lengkap sebagai sebuah pertemuan dengan anak-anak manusia bersama segala kompleksitasnya: cinta, persahabatan, keluarga, harapan, kegagalan, perpisahan, dan hal-hal lain yang melingkupinya. Ardi dan kawan-kawannya membuat saya merasa dekat. Dan meski pada akhirnya harus pergi, siapa yang bisa tidak jatuh hati kepada Rara? Bisa ditonton di RCTI+.

  3. Keluarga Cemara

    Film Keluarga CemaraDrama keluarga dengan kemampuan menguras tangis yang mematikan. Jarang ada dalam sinema kita. Suka sekali dengan kekuatan interaksi Abah, Emak, Euis, dan Ara yang terasa tulus dan sangat nyata. Tempat belajar yang baik dan hangat untuk keluarga. Bisa ditonton di iflix.

  4. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak

    Marlina si Pembunuh dalam Empat BabakMarlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak serupa pamflet perlawanan perempuan yang dituliskan dalam sepi. Bahwasanya hidup dan mati hanya sejarak helaan napas. Getir, tetapi dibalut visual indah dan iringan suara membumi yang menjadikannya sangat puitis. Bisa ditonton di HOOQ.

  5. Surat dari Praha

    surat dari prahaSebuah musikal yang indah tentang cinta dan kenang-kenangan tersimpan. Angga Dwimas Sasongko kembali membuktikan bahwa ia adalah salah satu sutradara terbaik yang kita punya. Yang menjadikannya indah bukan hanya nada yang mengalun dari tuts-tuts piano, melainkan juga keberanian untuk mengatakan yang tabu dan sudah dilupakan banyak orang di negeri ini. Usaha yang sangat baik untuk mewariskan ingatan akan sepenggal kisah di lingkaran kejadian 1965 pada generasi kini yang mungkin sudah tidak lagi tahu menahu. Bisa ditonton di NETFLIX dan Vidio.

  6. Pintu Terlarang

    pintu terlarangPintu Terlarang memperkuat kesan saya kepada Joko Anwar sebagai seorang penulis dan penutur cerita yang gila dan berbeda. Lapisan cerita yang kita alami di dalamnya adalah sebuah pengalaman ngeri yang sulit dijelaskan kata-kata dan pada akhirnya disudahi dengan perasaan yang tidak karu-karuan. Sebuah mahakarya teror dan teka-teki dari Sang Joko Anwar. Bisa ditonton di NETFLIX.

  7. Istirahatlah Kata-Kata

    Istirahatlah Kata-KataBerkisah tentang fase sunyi dari hidup seorang Wiji Thukul, pemuisi dan aktivis yang hilang menjelang reformasi. Tidak ada demonstrasi atau pembacaan puisi yang berapi-api, hanya pelarian sepi seorang Thukul yang sesekali disisipi takut dan kerinduan. Membuat kita mengenalnya sebagai seorang manusia. Film penting untuk generasi muda yang berjarak dengannya. Bisa ditonton di CATCHPLAY.

  8. Cek Toko Sebelah

    Cek Toko SebelahErnest Prakasa sepertinya sudah bisa disebut sebagai komika dengan pencapaian paling mengesankan di ranah film Indonesia. Setelah pengakuan dari banyak ajang kusala untuk karya cerita dan arahan pertamanya di Ngenest, Ernest menggandakannya di Cek Toko Sebelah setahun setelah itu. Sebuah drama komedi yang bermakna tentang tanggung jawab dan warisan ingatan dalam keluarga. Bisa ditonton di CATCHPLAY, KLIKFILM, NETFLIX, GO-PLAY, HOOQ, dan Vidio.

  9. Cahaya dari Timur

    Cahaya dari TimurPerjumpaan pertama saya dengan Angga Dwimas Sasongko. Sebuah kisah from zero to hero yang penting karena memberi garis tebal akan harapan akan selalu ada, sekali pun dalam sebuah konflik sosial yang keras. Juga karya sinema bertema olahraga yang efektif dalam dinamika emosinya, sekaligus berhasil menampilkan adegan-adegan olahraganya dengan nyata dan meyakinkan. Bisa ditonton di NETFLIX dan Vidio.

  10. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

    guru bangsa tjokroaminotoIni adalah puisi tentang seorang bapak bagi para pendiri bangsa. Di sini, Garin Nugroho bertutur indah dengan bahasa-bahasa visual yang banyak terpengaruh dari cita rasa seni drama. Hasilnya adalah cerita tentang “nama besar” yang terasa begitu dekat dan humanis. Guru Bangsa mungkin belum berniat bercerita lebih banyak tentang pemikiran dan gerakan Sang Raja Tanpa Mahkota, tetapi ini adalah perkenalan yang mengesankan dengan nama yang mulai terlupakan, terlebih dari ingatan dan pengetahuan kaum muda bangsa ini. Bisa ditonton di NETFLIX.

  11. Gie

    gieSatu dari sangat sedikit karya sinema kita yang berani berkisah tentang pergerakan mahasiswa Indonesia, terlebih dari masa-masa terkelam perjalanannya. Namun, Gie bukanlah kisah pergerakan yang dipenuhi orasi-orasi membara, melainkan kisah puitis nan romantis, terlepas dari sosoknya yang memang juga dikenang akan puisi-puisi yang magis. Menjadikannya perkenalan yang menarik tentang pergerakan dan hal-hal gelap yang menyertainya. Bisa ditonton di NETFLIX dan Vidio.

  12. 27 Steps of May

    27 Steps of MayTrauma pada perkosaan seringkali menciptakan dinding-dinding tinggi dan tebal untuk usaha menyembuhkan luka. Korban dan hal-hal di sekitarnya seringkali tak akan lagi sama. Ravi Bharwani menuturkan trauma itu dalam cerita getir dan sunyi melalui simbol-simbol monokrom dan gerak-geriknya yang penuh batas. Penuh sesak. Namun, melegakan. Bisa ditonton di GO-PLAY.

  13. Fiksi

    fiksiKisah tentang perempuan dengan trauma, yang ditinggalkan ibunya, yang bertemu dengan seorang pemuda penulis yang kesulitan menyudahi cerita-cerita fiksinya. Pertemuan yang kemudian membawa kita pada keputusan-keputusan yang membuat ngilu perasaan dan menampar pikiran berkali-kali. Dingin, getir, dan memilukan. Bisa ditonton di Vidio.

  14. Ada Apa dengan Cinta?

    ada apa dengan cintaKisah cinta remaja ikonik yang dihidupi oleh dua karakter yang sama-sama kuatnya: Rangga yang sangat tidak tipikal dan Cinta yang kesal-kesal sayang. Kisah cinta yang dicintai berbagai generasi, dikenang dalam waktu yang panjang, dan menarik banyak orang dalam pusaran ketertarikan pada sastra yang sulit ditinggalkan. Riang, meledak-ledak, dan manis. Bisa ditonton di NETFLIX dan Vidio.

  15. Arisan

    arisanRasanya kita beruntung sekali bisa memiliki film seperti Arisan dalam katalog film kita saat kebebasan masih menjadi ruang yang begitu luas dan lapang. Di dalamnya, Nia Dinata membicarakan seksualitas dan perselingkuhan dengan gamblang dalam berbagai komentar sosial melalui perkumpulan arisan ibu-ibu metropolitan. Rumpi, asik, dan menghangatkan. Bisa ditonton di NETFLIX dan Vidio.

  16. Dua Garis Biru

    Dua Garis BiruKisah penting untuk seluruh keluarga dan generasi muda kita yang dituturkan melalui interaksi kuat antardua karakter utamanya dan orang tua di dua keluarga. Masing-masing memberi kita perspektif berbeda yang bukan benar-salah. Membiarkan yang menonton belajar dan berproses sepanjang perjalanannya. Debut pengarahan yang sangat mengesankan dari seorang Gina S. Noer. Bisa ditonton di iflix.

  17. Petualangan Sherina

    petualangan sherinaFilm yang tidak hanya punya posisi penting sebagai film anak dan musikal yang punya standar tinggi, tetapi juga perintis jalan kebangkitan film Indonesia setelah mati suri yang cukup panjang. Bagian tak terpisahkan dari generasi anak-anak saat itu dengan deretan lagu-lagu yang menyenangkan. Dan apakah Sherina benar-benar akan kembali berpetualang? Bisa ditonton di Vidio.

  18. The Raid 2: Berandal

    The Raid 2Aksi baku hantum yang sangat teramat brutal, gila, dan berdarah-darah dengan berbagai koreografi, momen, dan karakter yang ikonik. Selain aspek cerita dengan hubungan sebab-akibat yang lebih meyakinkan daripada seri pertamanya, saya tidak akan pernah melupakan rangkaian pertarungan Rama dengan Hammer Girl, Baseball Bat Man, Ucok, Bejo, Eka, Bangun, Prakoso, dan The Assasin di dalamnya. Sebuah mahakarya film aksi. Bisa ditonton di CATCHPLAY, NETFLIX, Vidio, dan genflix.

  19. Kartini

    KartiniKartini yang berbeda bisa kita jumpai di dalamnya. Kartini yang “nakal” dan sesekali ndagel, tapi tidak sekali pun kehilangan wibawa dan nilai juangnya. Lengkap dengan pengenalan yang lebih dalam kepada keluarga dan cara berpikir-bersikap mereka. Menjadi sebuah kritik yang hormat pada norma-norma budaya dan sosial Jawa. Menarik sekali rasanya menyimak perjalanan hidup Kartini yang seperti itu dari mata seorang Hanung Bramantyo. Bisa ditonton di HOOQ.

  20. Tabula Rasa

    tabula rasaFilm kuliner yang meracik berbagai bumbu khasnya dengan takaran yang pas. Kehadiran Hans dari Papua di dapur sebuah rumah masak Padang saja sudah merupakan paduan yang menarik dan menggelitik, apalagi dilengkapi dengan bumbu adegan-adegan masak yang sangat menggiurkan dan akan membuat perut seketika berbunyi lapar. Dan momen dramatik gulai kepala ikan di dalamnya menyempurnakan Tabula Rasa menjadi hidangan sinema kuliner yang mengenyangkan perasaan. Bisa ditonton di NETFLIX.

  21. Test Pack: You Are My Baby

    test packReza Rahadian dan Acha Septriasa di dalamnya adalah wujud salah satu chemistry suami-isteri terbaik yang kita miliki di film kita. Dialog dan interaksi keduanya terasa nyata dan dekat sehingga hal penting yang dibicarakannya lebih mudah dipahami dan diresapi. Sebuah kisah cinta yang cair, tetapi juga intens dan padat dalam berbagai aspek. Bisa ditonton di VIU, iflix, GO-PLAY, HOOQ, dan Vidio.

  22. Kala

    kala dead timeKala terasa sebagai ambisi idealis seorang Joko Anwar. Sebuah karya yang dibangun dari ide yang sangat langka, menarik, dan meski punya keterbatasan yang sangat jelas, dapat dieksekusi dengan efektif oleh Joko Anwar. Sebuah perpaduan aspek mistis, misteri, gory, dan perburuan harta sebagai sebuah karya noir yang unik. Bisa ditonton di HOOQ dan MOX.

  23. Belenggu

    belengguBelenggu merupakan teror yang dibangun oleh Upi dalam lapisan-lapisan kabur ilusi dan realita. Seluruh hal di dalamnya membutuhkan perhatian penuh untuk dapat dipahami dengan baik keutuhannya. Menghadiahkan kepuasan yang layak bila berhasil menyudahinya dengan sebuah kesimpulan yang meyakinkan. Bisa ditonton di KLIKFILM.

  24. Aruna & Lidahnya

    Aruna dan LidahnyaSebuah racikan unik dalam etalase hidangan sinema kita. Cinta yang berpadu dengan medis, penyelidikan, kuliner, dan politik. Manis-canggung, kaya rasa, menggelitik, dan terasa akrab. Seperti resep turun-temurun yang dimasakkan Ibu di rumah sehari-hari. Bahan utamanya: sentuhan Edwin yang tidak biasa dan terasa asli, Dian-Nicho-Oka-Hannah yang cair dan hangat, lagu tema menyentuh dan penuh nuansa, footage masakan asli nusantara, dan “breaking the fourth wall” penuh ekspresi dari Aruna. Bisa ditonton di NETFLIX dan GO-PLAY.

  25. Love for Sale

    Love for SaleAda perpaduan meramu senyum yang pas antara hal-hal kecil ala Andi Bachtiar dan kehangatan khas Visinema. Kisah cinta dewasa yang tidak biasa dan dihidupi proses bertumbuh seorang manusia. Karya sinema yang dapat mengajak kita merasa senang dan patah bersama karakter yang di dalamnya. Bisa ditonton di NETFLIX.

Baca juga: Film Indonesia Terbaik 2019 & Film Indonesia Terbaik 2018

Tinggalkan Balasan